Welcome Comments Pictures

Jumat, 25 Oktober 2013

Testimoni Proses Belajar hingga UTS Online pada Mata Kuliah Psikologi Belajar

Alhamdullilah... Akhirnya selesai juga UTS mata kuliah Psikologi Belajar. Sebelum saya memberikan testimoni mengenai proses UTS mata kuliah ini, saya ingin memberikan testimoni saya mengenai proses belajar pada mata kuliah Psikologi Belajar dahulu, dimana proses belajar kami sebelum UTS adalah dengan memposting materi sebelum masuk kelas di blog masing-masing, menggunakan metode diskusi di kelas, dan diskusi online. Nah, bagi saya proses belajar yang dilakukan selama ini sangat menarik dan menantang terutama diskusi online karena hal tersebut sebenarnya menyenangkan, hanya saja banyak tantangan yang saya dan kelompok saya hadapi, tapi saat saya dan kelompok saya dapat menyelesaikannya saya merasa sangat lega dan puas atas keberhasilan kami dalam menghadapai tantangan-tantangan tersebut.
Nah, mengenai proses UTS online ini, menurut saya proses UTS mata kuliah Psikologi Belajar ini juga sangat menantang dan menyenangkan bagi saya, dimana proses ini merupakan pengalaman pertama bagi saya dan ternyata tidak menysusahkan bagi saya karena waktu untuk menyelesaikan ketiga soal tersebut diberikan waktu 3 hati untuk menjawabnya sehingga cukup bagi saya untuk menyelesaikannya. Di satu sisi, proses UTS ini juga merupakan proses belajar bagi saya, dimana pendapat saya ini di dukung pada penyataan yang di buku (Bab 2 Teori Belajar Awal, hlm. 44) yaitu pada bagian asumsi teori behaviorisme menyatakan bahawa perilaku harus dipelajari melalui elemennya yang paling sederhana (stimuli spesifik) dan proses belajar itu sendiri adalah perubahan behavioral dimana suatu respon terjadi dalam kehadiran stimulus tersebut. Nah, jika dikaitkan asumsi behaviorisme diatas dengan proses UTS yang sedang saya jalani adalah bahwa proses ini dimulai saat Ibu (dosen) memberikan stimulus pertama (soal no 1) bagi mahasiswa Psikologi Belajar yang kemudian direspon oleh setiap mahasiswa (jawaban no 1), selanjutnya jawaban no 1 menjadi stimulus bagi Ibu (dosen) untuk memberikan soal no 2, begitu selnjutnya sampai soal dan jawaban no 3. Nah, dari proses tersebut akan adalah perubahan behavioral bagi saya dimana saya terus mengikuti stimulus yang Ibu berikan dan saya memberi respon sesuai dengan stimulus tersebut.
Secara keseluruhan, dari proses belajar di kelas Psikologi Belajar hingga proses UTS online ini adalah hal yang sangat menyenangkan dan memberikan pembelajaran baru bagi saya, maka dari itu saya ingin berterima kasih kepada dosen pengampu mata kuliah Psikologi Belajar yaitu Ibu Filia Dina Anggaraeni, M.Pd atas pengalaman baru ini dan atas feedback-feedback yang sudah beliau berikan, sehingga saya dapat memperbaiki apa yang kurang dari saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar