Welcome Comments Pictures

Senin, 02 Desember 2013

Kondisi Belajar Robert Gagne


    A. Prinsip Pembelajaran
Berikut ini adalah tiga prinsip dari pembelajaran yang efektif oleh Gagne adalah :
(a). Memberikan pembelajarn mengenai seperangkat tugas-tugas komponen yang diarahkan untuk membangun tugas final.
(b). Memastikan bahwa setiap tugas komponen dikuasi.
(c). Sekuensi tugas komponen untuk memastikan transfer yang optimal ke tugas final.

    B. Asumsi Dasar
Asumsi dasar dari teori Gagne mendeskripsikan sifat unik dari kegiatan belajar manusia dan definisinya tentang belajar, sehingga terdapat lima asumsi kondisi belajar Gagne adalah sebagai berikut:
            (a). Belajar dan pertumbuhan tidak boleh disamakan satu sama lain.
            (b). Belajar adalah faktor kausal penting dalam perkembangan individual.
            (c). Banyak hasil belajar manusia digeneralisasikan ke berbagai macam situasi.
(d). Belajar manusia adalah kumulatif; belajar keterampilan yang kompleks didasarkan pada belajar sebelumnya.
(e). Belajar bukan proses tunggal.

    C. Macam-macam Belajar
Lima variasi belajar oleh Gagne adalah informasi verbal, keterampilan intelektual, sikap, dan strategi kognitif. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada tabel dibawah ini :

Kategori Belajar
Kapabilitas
Penampilan
Contoh
Informasi verbal
Pengambilan informasi yang tersimpan (fakta).
Menyatakan atau mengomunikasikan informasi tersebut dengan berbagai cara.
Penyusunan kalimat.
Keterampilan intelektual
Operasi mental yang memungkinkan individu untuk merespons konseptualisasi lingkungan.
Berinteraksi dengan lingkungan tersebut dengan menggunakan simbol.
Membedakan antara merah dan biru, menghitung luas segitiga.
Strategi kognitif
Proses kontrol pelaksana yang mengatur pemikiran dan belajar dari pemelajar.
Mengelola ingatan, pemikiran, dan pemelajaran seseorang secara efisien.
Menysusun kartu catatan untuk menulis paper.
Keterampilan motorik
Kapabilitas dan “rencana eksekutif” untuk melakukan sekuensi gerakan fisik.
Mendemonstrasikan urutan fisik atau tindakan
Mengikat tali sepatu; menunjukkan gerak sayap kupu.
Sikap
Predisposisi ke tindakan positif atau negatif terhadap orang lain; objek atau peristiwa.
Memilih tindakan personal terhadap atau menjauh dari objek, peristiwa, atau orang.
Memilih mengunjungi museum seni, menghindari konser musik rock.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar