A. Prinsip
Pembelajaran
Berikut ini adalah tiga prinsip
dari pembelajaran yang efektif oleh Gagne adalah :
(a). Memberikan pembelajarn
mengenai seperangkat tugas-tugas komponen yang diarahkan untuk membangun tugas
final.
(b). Memastikan bahwa setiap
tugas komponen dikuasi.
(c). Sekuensi tugas komponen
untuk memastikan transfer yang optimal ke tugas final.
    B. Asumsi
Dasar
Asumsi dasar dari teori Gagne
mendeskripsikan sifat unik dari kegiatan belajar manusia dan definisinya
tentang belajar, sehingga terdapat lima asumsi kondisi belajar Gagne adalah sebagai
berikut:
            (a).
Belajar dan pertumbuhan tidak boleh disamakan satu sama lain.
            (b).
Belajar adalah faktor kausal penting dalam perkembangan individual.
            (c).
Banyak hasil belajar manusia digeneralisasikan ke berbagai macam situasi.
(d). Belajar manusia adalah
kumulatif; belajar keterampilan yang kompleks didasarkan pada belajar
sebelumnya.
(e). Belajar bukan proses tunggal.
    C. Macam-macam
Belajar
Lima variasi belajar oleh Gagne
adalah informasi verbal, keterampilan intelektual, sikap, dan strategi
kognitif. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada tabel dibawah ini :
Kategori
  Belajar 
 | 
  
Kapabilitas 
 | 
  
Penampilan 
 | 
  
Contoh 
 | 
 
Informasi
  verbal 
 | 
  
Pengambilan informasi yang
  tersimpan (fakta). 
 | 
  
Menyatakan atau mengomunikasikan
  informasi tersebut dengan berbagai cara. 
 | 
  
Penyusunan kalimat. 
 | 
 
Keterampilan
  intelektual 
 | 
  
Operasi mental yang memungkinkan
  individu untuk merespons konseptualisasi lingkungan. 
 | 
  
Berinteraksi dengan lingkungan tersebut
  dengan menggunakan simbol. 
 | 
  
Membedakan antara merah dan biru,
  menghitung luas segitiga. 
 | 
 
Strategi
  kognitif 
 | 
  
Proses kontrol pelaksana yang mengatur
  pemikiran dan belajar dari pemelajar. 
 | 
  
Mengelola ingatan, pemikiran, dan
  pemelajaran seseorang secara efisien. 
 | 
  
Menysusun kartu catatan untuk
  menulis paper. 
 | 
 
Keterampilan
  motorik 
 | 
  
Kapabilitas dan “rencana
  eksekutif” untuk melakukan sekuensi gerakan fisik. 
 | 
  
Mendemonstrasikan urutan fisik
  atau tindakan 
 | 
  
Mengikat tali sepatu; menunjukkan
  gerak sayap kupu. 
 | 
 
Sikap 
 | 
  
Predisposisi ke tindakan positif
  atau negatif terhadap orang lain; objek atau peristiwa. 
 | 
  
Memilih tindakan personal terhadap
  atau menjauh dari objek, peristiwa, atau orang. 
 | 
  
Memilih mengunjungi museum seni,
  menghindari konser musik rock. 
 | 

Tidak ada komentar:
Posting Komentar