A. Prinsip
Pembelajaran
Berikut ini adalah tiga prinsip
dari pembelajaran yang efektif oleh Gagne adalah :
(a). Memberikan pembelajarn
mengenai seperangkat tugas-tugas komponen yang diarahkan untuk membangun tugas
final.
(b). Memastikan bahwa setiap
tugas komponen dikuasi.
(c). Sekuensi tugas komponen
untuk memastikan transfer yang optimal ke tugas final.
B. Asumsi
Dasar
Asumsi dasar dari teori Gagne
mendeskripsikan sifat unik dari kegiatan belajar manusia dan definisinya
tentang belajar, sehingga terdapat lima asumsi kondisi belajar Gagne adalah sebagai
berikut:
(a).
Belajar dan pertumbuhan tidak boleh disamakan satu sama lain.
(b).
Belajar adalah faktor kausal penting dalam perkembangan individual.
(c).
Banyak hasil belajar manusia digeneralisasikan ke berbagai macam situasi.
(d). Belajar manusia adalah
kumulatif; belajar keterampilan yang kompleks didasarkan pada belajar
sebelumnya.
(e). Belajar bukan proses tunggal.
C. Macam-macam
Belajar
Lima variasi belajar oleh Gagne
adalah informasi verbal, keterampilan intelektual, sikap, dan strategi
kognitif. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada tabel dibawah ini :
Kategori
Belajar
|
Kapabilitas
|
Penampilan
|
Contoh
|
Informasi
verbal
|
Pengambilan informasi yang
tersimpan (fakta).
|
Menyatakan atau mengomunikasikan
informasi tersebut dengan berbagai cara.
|
Penyusunan kalimat.
|
Keterampilan
intelektual
|
Operasi mental yang memungkinkan
individu untuk merespons konseptualisasi lingkungan.
|
Berinteraksi dengan lingkungan tersebut
dengan menggunakan simbol.
|
Membedakan antara merah dan biru,
menghitung luas segitiga.
|
Strategi
kognitif
|
Proses kontrol pelaksana yang mengatur
pemikiran dan belajar dari pemelajar.
|
Mengelola ingatan, pemikiran, dan
pemelajaran seseorang secara efisien.
|
Menysusun kartu catatan untuk
menulis paper.
|
Keterampilan
motorik
|
Kapabilitas dan “rencana
eksekutif” untuk melakukan sekuensi gerakan fisik.
|
Mendemonstrasikan urutan fisik
atau tindakan
|
Mengikat tali sepatu; menunjukkan
gerak sayap kupu.
|
Sikap
|
Predisposisi ke tindakan positif
atau negatif terhadap orang lain; objek atau peristiwa.
|
Memilih tindakan personal terhadap
atau menjauh dari objek, peristiwa, atau orang.
|
Memilih mengunjungi museum seni,
menghindari konser musik rock.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar