Welcome Comments Pictures

Senin, 09 Desember 2013

Pemrosesan Informasi


Teori pemrosesan informasi membahas langkah-langkah dasar yang diambil individu untuk memperoleh, menyandikan, dan mengingat informasi.

A. Asumsi Dasar
Dua asumsi dasar yang mendukung riset pemrosesan informasi adalah :
(a) sistem memori adalah pengolah informasi yang aktif dan terorganisasi

(b) pengetahuan sebelumnya berperan penting dalam belajar.

B.  Komponen Belajar
Komponen utama dari belajar adalah :
(a) Kerangka belajar, yang mencakup pengetahuan sebelumnya yang dimiliki pemelajar dan organisasi
informasi yang akan dipelajari.

(b) Proses yang diidentifikasi dalam model memori multitahap dan interaksinya. Proses  tersebut
    adalah persepsi, pengkodean, dan pengkonstruksian makna, interaksi antara memori kerja dengan
     memori jangka panjang, dan pengambilan kembali (retrieval).

C. Komponen Pembelajaran
Komponen utama dalam pembelajaran adalah:
(a). Menstrukturisasi kerangka belajar, yaitu memberi kontribusi bagaimana pengetahuan pemelajar berinteraksi dengan pengetahuan baru dan menstruktur informasi yang akan dipelajari dengan cara yang bermakna.

(b). Memfasilitasi perhatian pemelajar, yaitu menciptakan lingkungan yang membuat siswa dapat fokus pada tugas-tugas penting dan kemudian memberi penilaian informal atas persepsi pemelajar.

(c). Memfasilitasi pengkodean informasi, yaitu mengajari siswa metode yang dapat mempermudah mengkodekan informasi yang dipelajari.

(d). Mengajari siswa strategi mengkontruksi makna, yaitu dengan menggunakan dua strategi spesifik yang efektif untuk mengkonstruksi makna dari teks dan materi lisan adalah meringkas dan pertanyaan–diri.

Daftar Pustaka
Gtedler, Margaret. E., 2011., Learning and instruction, teori dan aplikasi. Jakarta: Kencana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar