Teori pemrosesan informasi
membahas langkah-langkah dasar yang diambil individu untuk memperoleh,
menyandikan, dan mengingat informasi.
A. Asumsi
Dasar
Dua asumsi dasar yang mendukung
riset pemrosesan informasi adalah :
(a) sistem memori adalah
pengolah informasi yang aktif dan terorganisasi
(b) pengetahuan sebelumnya
berperan penting dalam belajar.
B. Komponen
Belajar
Komponen utama dari belajar
adalah :
(a) Kerangka belajar, yang mencakup pengetahuan
sebelumnya yang dimiliki pemelajar dan organisasi
informasi yang akan
dipelajari.
(b) Proses yang diidentifikasi dalam model
memori multitahap dan interaksinya. Proses tersebut
adalah persepsi, pengkodean, dan pengkonstruksian makna, interaksi antara memori kerja dengan
memori jangka panjang, dan pengambilan kembali (retrieval).
adalah persepsi, pengkodean, dan pengkonstruksian makna, interaksi antara memori kerja dengan
memori jangka panjang, dan pengambilan kembali (retrieval).
C. Komponen
Pembelajaran
Komponen utama dalam
pembelajaran adalah:
(a). Menstrukturisasi kerangka
belajar, yaitu memberi kontribusi bagaimana pengetahuan pemelajar berinteraksi
dengan pengetahuan baru dan menstruktur informasi yang akan dipelajari dengan
cara yang bermakna.
(b). Memfasilitasi perhatian
pemelajar, yaitu menciptakan lingkungan yang membuat siswa dapat fokus pada tugas-tugas
penting dan kemudian memberi penilaian informal atas persepsi pemelajar.
(c). Memfasilitasi pengkodean
informasi, yaitu mengajari siswa metode yang dapat mempermudah mengkodekan
informasi yang dipelajari.
(d). Mengajari siswa strategi
mengkontruksi makna, yaitu dengan menggunakan dua strategi spesifik yang
efektif untuk mengkonstruksi makna dari teks dan materi lisan adalah meringkas
dan pertanyaan–diri.
Daftar
Pustaka
Gtedler, Margaret. E., 2011., Learning and instruction, teori dan aplikasi. Jakarta: Kencana
Gtedler, Margaret. E., 2011., Learning and instruction, teori dan aplikasi. Jakarta: Kencana
Tidak ada komentar:
Posting Komentar