Blog anggota kelompok kami
Peranan Media
Elektronik Dalam Proses Pembelajaran Psikologi Pendidikan
Psikologi pendidikan jelas berperan penting
dalam aspek belajar mengajar baik dari pendidikan formal maupun non formal. Di
dalam belajar mengajar sudah pasti memiliki suatu hubungan baik itu dari murid
dengan guru maupun mahasiswa dengan dosen. Di jaman yang makin maju ini jelas
terlihat media belajar yang saat ini tentu sudah sangat berkembang.
Kemajuan-kemajuan teknologi tersebut akhirnya membuat proses belajar menjadi
lebih bisa di lakukan di mana saja.
Sehubungan dengan kata pengantar di atas
dan tugas dari dosen yaitu bagaimana peranan media elektronik dalam
proses pembelajaran psikologi pendidikan. Maka kami akan memaparkan hasil kerja
kelompok kami :
Menurut pandangan kami, kewajiban setiap mahasiswa yang mengikuti mata
kuliah psikologi pendidikan 3 sks ta 2011/2012 harus memiliki email dan blog,
memiliki aspek positive dan negative.
ü Aspek positif :
1. Saat dosen berhalangan hadir di kelas, pembelajaran masih bisa
berlangsung melalui media-media elektronik yang sudah tersedia, kali ini
contohnya adalah email dan blog.
2. Dengan adanya blog dan email membantu mengurangi penggunaan kertas
sehingga menyelamatkan dunia dari global warming.
3. Melalui blog, para mahasiswa menjadi bertambah
wawasannya dan menambah inspirasi untuk menjadi mahasiswa yang lebih baik dalam
bidang ilmu dan tekhnologi.
4. Tujuan penggunaan email dan blog tentu saja agar
mahasiswa termotivasi untuk belajar lebih baik lagi dalam hal pemahaman dan
proses pembelajaran juga, agar mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa tidak
ketinggalan dengan tekhnologi informasi dan media komunikasi di zaman yang
serba canggih dan terus berkembang.
5. Membuka wawasan dan cakrawala berfikir mahasiswa
menjadi lebih kreatif salah satunya melalui inspirasi-inspirasi yang diperoleh
melalui internet. Sehingga mahasiswa dapat belajar dengan inisiatif, motivasi,
dan penalaran yang lebih baik.
6. Mahasiswa dapat belajar tidak hanya dengan
mengandalkan apa yang ada di buku tapi juga dapat mencari bahan referensi lain
melalui situs-situs edukasi.
7. Sesuai dengan yang kita ketahui, prinsip belajar mahasiswa adalah
student center. Mahasiwa tidak di’suapi’ lagi dalam proses belajarnya.
Sehingga, penggunaan email dan blog dapat dikaitkan dengan kematangan inisiatif
mahasiswa dalam mencari pelajaran dan dalam proses pembelajaran
8. Belajar menjadi lebih menyenangkan dan tidak membosankan
9. Pertinggal atau bukti hasil pembelajaran, baik berupa makalah atau tugas
dapat di simpan dengan baik dan mencegah terjadinya human error, berupa
penguatan bukti tugas perkuliahan, makalah, dan lain sebagainya.
10. Menambah informasi dan kreatifitas mahasiswa. Karena, melalui blog
mahasiswa juga dapat menggembangkan bakatnya dalam hal-hal yang lebih positive
juga dapat membantu dosen untuk lebih mengenal mahasiswanya.
ü Aspek Negatif :
1. Tidak semua mahasiswa bisa tepat waktu dan bertahan lama saat dalam kuliah
online karena bisa terjadi banyak hal ketika tempat perkuliahan online, salah
satunya, berada di rumah pastilah lebih sulit untuk focus dan berkonsentrasi.
2. Jika pun kuliah online terjalankan , sangat dapat di pastikan jika tab yang
di buka mahasiswa bukan hanya kuliah nya saja bisa jdi blog, game, ataupun yang
lainnya
3. Kuliah online juga bisa menimbulkan kemalasan karena disiplin waktu jika
kuliah online sangatlah minim.
4. Dalam pelaksanaan kuliah online sering terjadi kecurangan, seperti
menjadikan titip absen, dengan cara mengakses account teman.
5. Dalam kuliah online sudah pasti tidak terjadi tatap muka
secara langsung, sehingga bisa jadi berkurangnnya ilmu komunikasi yang
seharusnya dimiliki setiap mahasiswa psikologi. Dimana harusnya seorang
psikolog cerdas dalam
berkomunikasi
6. Mahasiswa menjadi malas dan anggap sepele dalam pelaksanaan kuliah online.
Keseriusan mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan sangat sedikit.
7. Plagiatisme meraja
lela dengan alih mencari inspirasi dari tugas-tugas senior terdahulu.
8. Kemungkinan
terjadinya human error yang dapat menyebabkan kerugian di pihak mahasiswa dan
dosen.
9. Tidak semua mahasiswa dapat mengakses internet untuk berkirim dan menerima
email juga untuk membuka blog setiap waktu.
10. Informasi yang di terima mahasiswa dari referensi internet belum tentu
benar. Akan lebih membahayakan lagi jika mahasiswa yang terlibat tidak
mengetahui kesalahan tersebut. Tentu saja hal ini akan menjadikan proses
pembelajaran dan informasi yang diterima salah. Berbeda dengan informasi dari
buku yang sudah tinggi persentase kebenaran kalimat-kalimat hingga bab per
babnya.
11. Tekhnologi membuat
mahasiswa menjadi berfikir lebih praktis dan menjadi malas membaca buku, malas
menulis dan sebagainya. Intinya, menjadikan mahasiswa berfikir praktis dalam
prosedur yang salah.
Sekian
dari kelompok kami, kurang dan lebihnya mohon di maafkan.
Blog anggota kelompok kami
Peranan Media
Elektronik Dalam Proses Pembelajaran Psikologi Pendidikan
Menurut pandangan kami, kewajiban setiap mahasiswa yang mengikuti mata
kuliah psikologi pendidikan 3 sks ta 2011/2012 harus memiliki email dan blog,
memiliki aspek positive dan negative.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar