Ø Keahlian memecahkan masalah (problem solving)
Ø Kemampuan untuk beradaptasi dengan belajar dari pengalaman hidup sehari-hari
Jadi,
Inteligensi menurut Santrock adalah keahlian memecahkan masalah (problem
solving) dan kemampuan untuk beradaptasi dengan belajar dari pengalaman hidup
sehari-hari.
Menurut
Binet, inteligensi merupakan :
· Kemampuan untuk mengarajkan pikiran dan tindakan
· Kemampuan mengarahkan tindakan bila tindakan tersebut telah dilaksanaka
· Kemampuan untuk mengkritik diri sendiri
· Kemampuan untuk mengarajkan pikiran dan tindakan
· Kemampuan mengarahkan tindakan bila tindakan tersebut telah dilaksanaka
· Kemampuan untuk mengkritik diri sendiri
Menurut
Chaplin, inteligensi dibagi dalam 3 macam, yaitu :
ü Kapasitas : keseluruhan intelektual yang dimiliki oleh seseorang (sulit diukur)
ü Potensi : Kemampuan intelektual seseorang yang seharusnya dapat ia tampilkan dan dikembangkan secara maksimal.
ü Fungsi : Penampilan tingkah laku seseorang yang menggambarkan tingkat kecerdasan (bila fungsi maksimal, akan timbul potensi)
Yang perlu diketahui bahwates-tes inteligensi hanya bisa mengukur aspek fungsi saja, yaitu kecerdasannya.
Yang dikatakan bakat adalah potensi yang kita miliki dengan latihan-latihan khusus, sehingga bisa keluar dan terarah.
ü Kapasitas : keseluruhan intelektual yang dimiliki oleh seseorang (sulit diukur)
ü Potensi : Kemampuan intelektual seseorang yang seharusnya dapat ia tampilkan dan dikembangkan secara maksimal.
ü Fungsi : Penampilan tingkah laku seseorang yang menggambarkan tingkat kecerdasan (bila fungsi maksimal, akan timbul potensi)
Yang perlu diketahui bahwates-tes inteligensi hanya bisa mengukur aspek fungsi saja, yaitu kecerdasannya.
Yang dikatakan bakat adalah potensi yang kita miliki dengan latihan-latihan khusus, sehingga bisa keluar dan terarah.
Perbedaan Inteligensi dan IQ
Inteligensi
merupakan kecerdasan kita. Sedangkan IQ lebih kepada perhitungan kita yang
merupakan hasil pengukuran inteligensi kita.
Pendekatan
Inteligensi ada 4, yaitu :
1. Pendekatan Teori Belajar : setiap perilaku yang ditampilkan oleh individu berisikan proses belajar
2. Pendekatan Neurobiologis :
1. Pendekatan Teori Belajar : setiap perilaku yang ditampilkan oleh individu berisikan proses belajar
2. Pendekatan Neurobiologis :
- Inteligensi memilki dasar anatomis dan
biologis
- Perilaku inteligen dapat ditelusuri
melalui dasar-dasar neuro-anatomis dan proses neurofisiologis
3. Pendekatan Psikometris
4. Pendekatan Perkembangan
3. Pendekatan Psikometris
4. Pendekatan Perkembangan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar