Fungsi dan peran Psikolog Sekolah ditinjau
dari bidang – bidang terapan (Jack I. Baron (1982), yaitu :
Psikodiagnostik
: Tujuannya untuk membantu sekolah dalam
menyelesaikan berbagai masalah kesehatan mental yang dihadapi anak didik.
Meliputi pelayanan tes kecerdasan, kemudian pemberian laporan tertulis yang
memberi gambaran kelemahan dan kekuatan yang terungkap oleh tes tersebut.
Klinis
dan konseling : Menyadari bahwa pelayanan dalam masyarakat tidak selalu
memberikan intervensi langsung bila dibutuhkan, psikolog sekolah terpanggil
membantu dalam konseling siswa-siswa dan orangtua mereka dalam berbagai bentuk
intervensi langsung lainnya. Perhatian psikolog sekolah terhadap anak didik
bersifat menyeluruh, yang mana membantu pihak sekolah dalam menyelesaikan
berbagai masalah yang dihadapi anak. Pada tingkat ini peran psikolog erat
dengan masalah kelompok dalam kelas dan masalah yang berkaitan dengan kelas.
Industri
dan organisasi : Dalam hal ini psikolog ikut terlibat dalam tindakan yang
menyangkut kebijakan dan prosedur sekolah, dalam pengembangan dan evaluasi
program serta pelayanan sekolah, dapat berupa; supervisi, pendidikan,
konsulatan bagi karyawan edukatif maupun nonedukatif (membantu malakukan
seleksi, penempatan, serta urusan-urusan personalia lain), dan bekarja sama
dengan ahli-ahli lain dalam masyarakat.
Hal – Hal yang Diberikan dalam Kaitannya dalam Psikolog Sekolah
Pelaksanaan
psikologi dalam hal diagnostik disekolah:
a. Memberikan
pelayanan tes inteligensi
b. Melakukan
wawancara dengan siswa, guru, orangtua, serta orang-orang yang terlibat dalam
pendidikan siswa
c. Observasi
siswa di kelas, tempat bermain, serta dalam kegiatan sekolah lainnya
d. Mempelajari
data kumulatif prestasi belajar siswa
e. Memberikan
konsultasi bagi sekolah dalam menyelesaikan berbagai masalah di sekolah serta
membantu menyeleksi, penempatan dan urusan personalia lainnya
Perbedaan
Antara Psikolog Sekolah, Psikolog Pendidikan dan Guru BK
Psikolog
Pendidikan
Ruang
lingkup kerjanya luas, yaitu menyelesaikan masalah pendidikan sejak pendidikan
prasekolah sampai perguruan tinggi, setting kelas, sistem sekolah serta
psikologi pendidikan harus mempunyai kompetensi khusus.
Psikolog
Sekolah
Psikologi sekolah ruang lingkupnya
di sekolah saja. Psikologi sekolah berperan dalam pengembangan kelas dan
berhubungan dengan psikologis siswa dan guru. Psikolog sekolah juga memantau
bagaimana prestasi siswa, kelakuan dan motivasi siswanya.
Guru
BK
Guru BK lebih berfokus pada siswa. Tugasnya
terkait dengan perkembangan diri peserta didik yang sesuai dengan kebutuhan,
potensi bakat, minat peserta didik.
SUMBER
:
Santrock,
John W. 2008, Psikologi Pendidikan Edisi Kedua, Penerbit: Kencana Prenada
Media
Group: Jakarta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar